Blog Is Your Self !

Imam M
Saya ingat sekitar beberapa tahun yang lalu ketika di ajak kopdar komunitas Kayuh Baimbai, salah seorang sepuh blogger disana mengatakan 'blog itu adalah diri kamu sendiri, jadi blog itu layaknya seperti facebook, twitter, dll, jadi menurut mereka tidak ada yang namanya mastah dalam dunia blog'.

Sepulang dari kopdar tersebut saya terus memikirkan kata-kata tersebut, yah, memang, jika kita mengacu pada blog personal, bisa dipastikan tidak ada yang namanya mastah dalam dunia blogging, tapi beda halnya jika kita sudah berbicara bloggerpreneur, atau blogger-blogger yang sudah berfokus pada pencarian uang dan uang.

Wajar, karena seorang bloggerpreneur atau istilah kerennya sekarang IM (Internet Marketer) setidaknya harus memiliki ilmu SEO dasar dan kalau perlu ke tingkat selanjutnya agar bisa mendatangkan traffik yang wah atau hasil yang diinginkan agar akhirnya bisa menjadi pundi-pundi untuk memperoleh rezeki melalui dunia online.

Kalau blog personal, ilmu seo pun sebenarnya tidak terlalu diperlukan, seadanya mungkin bolehlah, tingkat dasar perlu juga, paling tidak sekedar tahu. Tapi mungkin dari segi ilmu saya bisa bilang yang baru belajar ngeblog pun dalam waktu dekat bisa menyusul ilmu yang lebih dulu ngeblog, sebab yang namanya blog personal memang tidak perlu banyak utak-atik blognya. Bahkan jika dalam segi tulisan, malah bisa jadi yang baru saja bikin blog tulisannya bisa lebih bagus dibandingkan yang sudah lama bikin blog.

Makanya, sebuah blog personal seharusnya bisa melambangkan pola pikir si pemiliknya melalui tulisan-tulisan yang dibuatnya, bahkan uniknya dalam dunia blog personal, tidak ada tulisan yang jelek, tidak pernah saya mendengar komentar blog 'tulisan si anu kurang bagus' tapi biasa yang saya tangkap dari komentar orang-orang adalah inti dari tulisan yang dibuat oleh si blogger, luar biasa, ternyata kebanyakan para blogger lebih menghargai esensi atau isi dari sebuah tulisan dari pada sekedar tampilan luarnya.

Jadi jika blog itu diibaratkan sebuah kendaraan, maka terserah yang punya kendaraan mau dibawa kemana itu kendaraan atau blognya, Blog is Your Self

Yang Punya Blog

Imam M / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

2 komentar:

  1. Hehe... Ulun gin bapikir kytu jua, handak bagus atau kda tulisan ulun, nang panting ulun manulis tarus... Jadi kda sia2 guru SD ulun nang melajari sampai tapaluh bacampur kapur hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.