Bot - Bot Bermanfaat Untuk Chatting di Telegram

Imam M
Belakangan ini saya suka sekali menggunakan mesengger telegram, walaupun telegram tidak terlalu banyak penggunanya di Indonesia tapi dengan hadirnya bot-bot game telegram seperti werewolf, uno, fam100, dan lain-lain, kelihatannya telegram akan semakin banyak penggunanya dikalangan anak muda. Dikalangan penyuka coding juga sudah lumayan banyak penggunanya, karena bot telegram bisa dibuat dengan menggunakan coding php.

Salah satu yang saya sukai dari telegram adalah fitur "chat with your self", ini merupakan fitur chat dengan diri sendiri, fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan sendiri, bisa forward/copy chat penting, link, foto, mp3, dan lain-lain, jangan lupa, telegram bisa kita buka dengan gadget apapun, kecuali kalkulator.

Bagi kalian yang baru menggunakan atau mencoba telegram biasanya akan keasikan dengan coba-coba bot telegram atau game-game telegram. Jadi disini saya akan sedikit sharing bot-bot telegram bermanfaat untuk chatting yang sudah saya coba sendiri.

Bot Untuk Polling/Voting
  
@Vote

Ini menurut saya merupakan bot yang simpel namun juga memiliki kontrol polling yang bagus untuk melakukan voting

vote bote telegram


@like

Bot like adalah bot polling yang terlalu simpel, untuk kontrol kita kadang harus scroll ke botnya jika mungkin bot tersebut tertutup oleh chat yang lain , jika kita ingin melakukan polling iseng saya kira ini bot yang paling cocok. Berbeda dengan dua bot polling yang saya jelaskan disini, bot ini tidak memiliki fitur menghapus pilihan yang sudah kita buat. Jika langsung membuat pertanyaan dengan bot ini maka pilihannya hanya like dan dislike, tapi kita masih bisa menambahkannya dengan PM bot, Try It.

like bot telegram


@PollBot

Saya pikir ini merupakan bot terbaik diantara bot polling bot ini memunculkan tombol polling dibawah chat, polling bisa berhenti ketika admin mengetik command tertentu, jadi lebih spesifik, namun juga agak terkesan ribet (bagi saya, jadi saya pribadi lebih memilih @vote). Untuk pollbot kita harus memasukkannya dulu kedalam grup sebagai anggota.

pollbot telegram


*note : semua bot voting di buat via PM bot, kemudian di forward ke grup yang diinginkan.

Bot Untuk Menampilkan Hasil Pencarian dan Download Video Youtube

@youtube

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian tinggal ketik “@youtube (spasi) kata kunci” pada saat melakukan chatting, maka akan ditampilkan hasil pencarian video di youtube kemudian pilih video yang kita inginkan, contoh : “@youtube PPAP”. Ingat, yang ditampilkan hanya hasil pencarian beserta thumbnail. Bot ini tidak perlu dimasukkan kedalam grup jadi langsung ketik ketika chating di grup ataupun PM.

youtube bot telegram


@vid

Cara menggunakannya sama dengan @youtube

@utube

karena berhubungan dengan video youtube, maka sekalian saja saya jelaskan yang satu ini, @utube adalah bot untuk mendownload youtube melalui telegram, entah itu dalam bentuk video ataupun audio, caranya kita harus PM (Private Message) botnya, kemudian lakukan pencarian menggunakan @vid atau @youtube, setelah melakukan pencarian kita langsung ditawarkan download video atau audio. Just Try It !

Bot Untuk Menampilkan Gambar dan Gif

@bing

Bot ini yang paling sering saya gunakan untuk menampilkan pencarian gambar via bing, jadi jika ingin mencari gambar tertentu kita tinggal ketik “@bing (spasi) kata kunci”

Bing bot telegram


@gif

Ini adalah bot untuk melakukan pencarian gif, gif yang sudah kita tampilkan biasanya bisa kita simpan dengan klik kanan (dekstop) atau sentuh tanda titik tiga di ujung gambar gif, kemudian pilih save gif.

gif bot telegram

Untuk menampilkan gif yang sudah kita simpan klik emotikon kemudian pilih gif, untuk menghapusnya pada dekstop di pilihan gif klik tanda x, di android sentuh agak lama, kemudian ok.

Membuat Tulisan Menjadi Tebal, Miring, atau Fixed Block

@bold

Cara menggunakan @bold cukup simpel kita tinggal ketik “@bold (spasi) tulisan” maka tulisan kita akan ditampilkan sesuai dengan keinginan, tebal, miring atau fixed.

bold bot telegram


@Markdown_bot

Dibandingkan @bold, penggunaan @markdown_bot sedikit lebih ribet, setelah mengetik @markdown_bot kita harus mengetikkan coding markdown seperti ini

*tebal*
_miring_
```fixed block```

markdown bot telegram


Jika untuk chatting biasa mungkin kita lebih memilih @bold, tapi jika kita sebagai admin grup maka coding markdown ini sangat berguna, karena akan bekerja pada groupbutler, dan di channel pun bisa dipakai dengan menggunakan bot @markdownrobot.

*note : pada I Phone sudah ada pilihan otomatis untuk merubah tulisan, I Phone gitu

Bot Untuk Grup

Group Butler

Group butler fungsinya untuk mengatur grup, mulai dari welcome, rules, warn, kick, tempban (banned sementara), banned, anti flood, dan lain sebagainya. Ada beberapa group butler yang sudah saya ketahui, salah satunya adalah @GroupButler_bot, @tampan_bot (group helper, entah siapa ini yang bikin), dan @werewolfbutlerbot (ini digunakan oleh para admin grup werewolf), dan saya pikir masih ada lagi group butler yang belum saya ketahui, terutama buatan anak negri.

Cara penggunaanya cukup mudah, tinggal PM botnya, kemudian lihat instruksinya, bot juga harus dimasukan ke grup ya.


@TagAlertBot

Fungsi bot ini adalah untuk memberikan notif ketika kita tag username salah seorang anggota grup, tapi sebelumnya bot ini harus dimasukan dulu menjadi anggota grup.

Semua bot diatas saya coba menggunakan aplikasi telegram dekstop dan android. Demikian posting kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang kurang ataupun kelebihan silahkan berikan komentar ya.

update 11 Juli 2017

@spotifybot

Tentu kamu sudah tau kan dengan spotify, situs khusus pendengar musik ini rupanya juga merambah ke telegram, kita kini bisa mendengarkan musik di spotify melalui telegram, caranya kurang lebih dengan pencarian gambar @bing, jadi bisa digunakan didalam grup juga, bedanya disini hasil yang ditampilkan adalah berupa musik

ketik botnya dulu, ga perlu di pm

saya coba ketik judul lagu hivi

hasilnya !, tapi perlu di download juga

Hanya satu yang kurang saya pikir dari bot ini, yaitu saat pencarian menggunakan nama penyanyi atau band, hasilnya tidak muncul, jadi pencarian menggunakan judul lagu.

LAST
Jangan lupa ikuti channel telegram saya di https://telegram.me/muryadinet, channelnya baru dibuat lho, jadi belum banyak yang subscribe, hehe.

Yang Punya Blog

Imam M / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

5 komentar:

  1. Assalamu'alaikum warohmatulloh. Mau nanya nih bro, gimana caranya menggunakan tulisan tebal miring dll tapi dalam jumlah yang bnayak atau panjang.
    Karna beberapa tulisan yang lumayan panjang ketika mau di share ke grup atau pribadi dan diberi tulisan tebal atau miring tapi tidak bisa.

    Untuk jawabannya nanti saya ucapkan trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa Alaikum Salam, untuk sekarang saya masih belum mengerti sampai disana, tapi kemungkinan itu dikarenakan sudah dari sananya, namanya saja messenger free, sedangkan yang berbayar saja belum tentu sempurna seutuhnya, apalagi yang free seperti telegram :)

      Delete
  2. misi gan, sy pengguna baru di telegram dan baru aja buat telegram bot untuk usaha online yg di kelola. Pembuatan telegram bot sukses tpi belakangan ini ketika masukkan perintah dari menu yg saya buat jadi tidak ada respon alias hanya terbaca sja. Bgmna ya cara mengatasinya? Trims. @berkahcollection_bot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba tanya di grup telegram PHP Indonesia, ini linknya

      https://t.me/PHPIDforStudent

      Delete

Powered by Blogger.