Perubahan Memerlukan Keberanian + Sedikit Ide Bodoh

Imam M
ide, bodoh, ide bodoh, motivasi


Tulisan di bawah ini bukan berdasarkan pengalaman saya, tapi berdasarkan pengalaman orang lain dan beberapa saya ambil dari buku yang saya baca, saya publish karena rasanya sayang untuk disimpan sendiri.

Pikiran kita selalu dibatasi oleh hal-hal yang berbau rasional, namun seandainya kita mau berimajinasi dan mematahkan belenggu tersebut mungkin banyak hal-hal baru yang bisa kita lakukan, banyak sekali cerita dari orang-orang didunia ini yang berhasil melakukan perubahan pada dirinya ataupun berhasil melakukan penemuan dengan mematahkan belenggu rasional, walaupun ide mereka sebelumnya dianggap bodoh, contohnya adalah seperti cerita berikut ini

Waktu itu tahun 1980-an di Jepang, Clay Levitte, seorang pengajar bahasa inggris melihat fenomena anak didiknya yang tiba-tiba ramai dengan celana jeans Levi's Belel dan bahan denim lainnya, Clay pun mengenang, sejak tayangan televisi menampilkan acara MTV anak-anak muda mulai meniru idola mereka, salah satunya menggunakan celana jeans.
Clay dan istrinya penasaran, mereka pun kemudian bertanya kepada anak-anak tersebut dimana mereka berbelanja Clay cukup terkejut dengan harga yang ditawarkan di sana karena harga yang ditawarkan sangat fantastis jika dibandingkan dengan di Amerika, tempat asal Clay, di Amerika jins tersebut dijual seharga 1 sampai 2 dolar, sedangkan di jepang mencapai 100 dolar bahkan ada yang lebih, bahkan ada pasar kolektor yang rela membayar jins dan jaket bekas tersebut seharga ribuan dolar !
Ketika pindah dari Jepang ke Amerika Serikat, Clay bertekad untuk membuka perusahaan sendiri yang menjula jins bekas di Jepang, Ia mulai meneliti pasar penjualan jins bekas, rupanya tidak hanya di Jepang, beberapa negara juga berminat dengan barang ini, bahkan Clay menemukan pembeli yang mau membayarnya dalam harga yang tidak masuk akal. Clay kemudian mengontak sahabat lamanya sekaligus teman sekamarnya sewaktu kuliah Dal Zemp untuk meminta pekerjaan darinya. 
Suatu hari Clay bercerita kepada Dal dan John Pennington mengenai jins bekas dan bertanya pada mereka, apakah mereka bersedia membantunya mengumpulkan jins bekas dan kemudian menjualnya keluar negeri sebagai bisnis sampingan. 
"Reaksi mereka mirip dengan keluarga saya" tutur Clay, "Kedengarannya itu lumayan gila, kenapa ada orang yang berminat membeli jins bekas orang lain, apalagi dengan harga yang kaubilang bersedia mereka bayarkan ?", Clay menjelaskan sebisanya, tapi Dal dan John sangat skeptis, bagaimanapun ide yang diceritakan clay bukan main-main. 
"Keesokan paginya, John datang ke kantor membawa beberapa celana Levi's 501 dan ingin tahu berapa harganya. Saya melihat celana-celana jins itu," kata Clay, "dan memberitahunya celana-celana itu bernilai sekitar delapan puluh sampai seratus dolar untuk pembeli Inggris, mungkin lebih kalau kami bisa menemukan orang di Jepang yang bersedia membelinya." 
Dari situ kemudian kemitraan yang luar biasa berlangsung sampai sepuluh tahun berikutnya, Tidak semuanya berjalan mulus, banyak rintangan berat yang harus diatasi dan keputusan berat yang harus diambil" tutur Clay 

ide, bodoh, ide bodoh, motivasiSeandainya Clay tidak kukuh dengan idenya yang dianggap bodoh mungkin dia tidak akan sukses.

Rumus Keberanian + Ide Bodoh = perubahan, tidak hanya berlaku bagi perorangan, tapi juga kepada setiap lembaga atau kelompok yang ingin melakukan perubahan.

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah ide bodoh yang saya maksud bukan berarti ide yang benar-benar bodoh, tapi sebuah ide yang mungkin hanya sobat sendiri bisa melihatnya, atau bisa dibilang ide bagus namun 'dianggap bodoh' sehingga ketika ide ini dilemparkan kepada orang lain akan dikembalikan cuma-cuma karena dianggap sampah, mustahil, kemunduran dan lain-lain.

mari kita kutip satu kalimat dari Sang proklamator bangsa Indonesia :

"Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun dilautan terdalam" (Ir. Soekarno)

Singkatnya jika kita menginginkan sesuatu yang istimewa, maka pengorbanan yang diambil pun juga lebih besar tantangannya, dan tentunya memerlukan keberanian yang tidak sedikit pula.

Lalu bagaimana dengan orang yang begitu mudahnya mendapatkan sesuatu ? itu bisa jadi sebuah keberuntungan, tapi asal kalian tahu, keberuntungan hanya akan terjadi dengan perbandingan yang sangat sedikit, dan jika bukan keberuntungan berarti hanya tampak luarnya saja seperti keberuntungan, kita tidak tahu seperti apa perjuangan yang sudah dilalui, karena seringkali kita hanya melihat hasilnya.

Sebenarnya tidak sedikit contoh yang sudah ada, jadi sebagai penutup dibawah ini akan saya sebutkan beberapa contoh lainnya :

  • Tahun 1903, Direktur Michigan Savings Bank menasihati pengacara  Henry Ford untuk tidak berinvestasi pada Ford Motor Company "Kuda adalah transportasi abadi, mobil hanyalah barang baru yang dibesar-besarkan"
  • Walt Disney dipecat oleh editor surat kabar karena "dia kurang imajinasi dan tidak memiliki ide bagus"
  • Western Union Mulanya menolak telepon, menyatakan dalam memory internal tahun 1876, " Alat tersebut sama sekali tidak berharga bagi kami"

Yang Punya Blog

Imam M / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.