Baru Menggunakan Telegram ? Baca Ini

Imam M


Kali ini saya mau sharing tentang telegram untuk pemula, mungkin agak berbeda jika kamu search di google dengan keyword atau kata kunci 'telegram untuk pemula', karena jika searching dengan keyword tersebut maka yang muncul adalah cara download dan mendaftarkan akun telegram, namun yang saya ingin bagikan disini adalah fitur-fitur yang ada di telegram, terutama yang perlu diketahui pemula telegram.

Menurut Wikipedia Telegram :
Telegram adalah pengirim pesan instan multi-platform. Program Telegram tersedia untuk perangkat genggam mobile (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan perangkat komputer (Windows, OS X, Linux)

Sebelumnya kamu mungkin sudah tahu, telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang agak mirip dengan whatsapp, namun secara pribadi saya menilai telegram memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan whatsapp, makanya untuk sementara ini saya menganggap telegram merupakan aplikasi chatting terbaik, dari jumlah grup saja telegram bisa menampung hingga 5000 member, kemudian adanya fitur bot, bot yang lumayan sering dipakai oleh anak muda jaman sekarang adalah bot werewolf moderator (buat main game werewolf -_-), group butler untuk mengatur grup, dan masih ratusan bot lainnya dengan fungsi berbeda-beda.

Baca : Bermain Werewolf di Telegram

Jadi ketika kamu baru saja membuat sebuh akun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

1. Pasang Foto Profil Kamu

foto profil, cat, funny cat, lucu, kucing lucu, foto telegram

Agak berbeda dengan foto profil pada messenger lain, jika kamu memasang foto profil lebih dari satu kali maka foto profil sebelumnya tidak akan terhapus, foto tersebut akan tetap ada, jadi ketika di intip tampilannya jadi seperti slide foto, ada tombol kanan/kiri untuk melihat foto profil sebelumnya.

Tapi jika kamu tidak mau foto profil yang sebelumnya ditampilkan, kamu bisa menghapusnya sendiri.

2. Buat Username

Sepenting apa sebuah username ? berbeda dengan whatsapp yang hanya mengandalkan nomor telepon, telegram, selain menggunakan nomor telepon juga menggunakan username

Fungsinya adalah menjaga privasi user, jadi no telp tidak akan sembarangan tersebar, selain itu username juga berguna untuk mention saat di percakapan grup telegram dan invite ke grup. Kalau tidak ada username masih bisa kok mention, hanya saja kata-katanya bisa diubah sesuka hati.

3. Channel

Yap, kamu bisa membuat sebuah channel ataupun sekedar join, channel telegram ini bisa dikatakan seperti radio atau televisi, maksudnya komunikasi yang dilakukan hanya satu arah, pesan yang disampaikan bisa berupa macam-macam (suara/rekaman, mp3, tulisan, video, file) untuk lebih jelasnya cek channel yang sudah saya buat

https://t.me/muryadinet (channel blog ini)

https://t.me/ebookgratisan (koleksi ebook saya, bisa di unduh gratis)

https://t.me/kreatips (koleksi video DIY, Life Hack)

Seperti yang saya katakan di atas, komunikasi channel hanya satu arah, jadi pada channel muryadinet saya menyediakan bot agar pengunjung channel/subscriber bisa berkomunikasi dengan saya (ex; request lagu)

4. Grup

Kamu bisa memasuki berbagai macam grup, mulai dari chatindonesia, kutu buku, sejarah, melawanhoax, grup game seperti werewolf, dan lain lain.

Tapi ada satu hal yang perlu diingat, setiap grup biasanya memiliki aturan masing-masing, ada grup yang its ok jika kita membahas masalah sara, namun ada juga grup yang anti banget dengan SARA hingga porn, jadi tergantung admin grup itu sendiri.

Kenapa harus admin grup yang mengatur hal-hal seperti itu ? karena telegram tidak memiliki batasan, alias bebas. Jadi ketika baru memasuki sebuah grup, baca dulu aturan grup, biasanya ada di pinned post, kalau sembarangan posting takutnya nanti malah kena kick sama admin grup.

Kalau mau, kamu juga bisa membuat grupmu sendiri, satu grup bisa menampung hingga 5000 member lo.

5. Bot

Kamu tentu tahu kan apa itu bot ? contohnya adalah bot simsimi yang ada di line.

Bot di telegram ada banyak sekali, karena itu fungsinya juga beragam, mulai dari mengatur grup, game, arsip, dan lain-lain.

Baca : Bot Bot Bermanfaat Untuk Chatting di Telegram

bot telegram
screenshot bot moderator werewolf

Kalau mau mencari dan mencoba-coba bot secara random Kamu bisa mengunjungi link ini

Selain bisa menggunakan bot yang sudah ada, kamu juga bisa membuatnya sendiri, ada grup-grup tertentu yang membahas cara membuat bot di telegram, tapi syaratnya kamu harus mempelajari bahasa PHP terlebih dahulu, minimal yang dasarnya, karena bot telegram salah satunya dibuat dengan bahasa ini, bahkan beberapa orang Indonesia sudah membuat beberapa game dan bot di telegram.

Jika kurang mengerti bahasa PHP, kamu bisa menggunakan chatbot atau manybot untuk membuat bot bikinan kamu sendiri, tinggal klik-klik sudah jadi, namun karena sudah serba otomatis tentu fiturnya juga terbatas, contohnya adalah bot yang saya buat, ada di profil channel muryadinet.

Beberapa Hal Yang Mungkin Perlu Kamu Ketahui

Selain ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan diatas, ada juga yang perlu kamu ketahui mengenai fitur - fitur di telegram

1. Fitur Search

Fitur Search di telegram sedikit agak berbeda, ketika kita ingin mencari suatu grup, channel, atau orang, maka kata kunci yang diketikkan harus detail, artinya tidak seperti google yang otomatis ngasih sugestion bila kata kuncinya kurang tepat.

Walaupun begitu ada kelebihan fitur search di telegram yang saya sukai, yaitu kita bisa search kata yang ada di chat, entah itu chat private, grup ataupun channel, jadi jika kita ingin membuka chat sebelumnya tinggal search.

telegram search, search telegram
contoh search dengan kata kunci "download"

Kalau hilang ? chat di telegram tidak akan hilang selama tidak dihapus secara sengaja, kenapa ? simak yang nomor 2.

2. Penyimpanan Berbasis Cloud

Aplikasi telegram tidak seperti aplikasi chat yang lain, jika aplikasi chat yang lain chat bisa hilang ketika kamu membukanya di gadget yang lain atau sudah terlalu lama mengendap, maka telegram tidak, dengan penyimpanan berbasis cloud ini maka chat kamu tidak akan terhapus, kecuali sengaja dihapus.

Jadi ketika kamu berganti hp, atau membuka telegram di gadget lain maka chat masih tersimpan dan bisa dilihat.

Selain itu, kamu juga memiliki cloud sendiri, caranya klik di foto profil kamu, kamu sudah bisa menyimpan berbagai macam hal disini, mulai dari, menyimpan chat, foto, link, video, dll.

cloud telegramcloud telegram



Selain itu maksimal upload di telegram sebesar 1,5 gb!, tidak heran ada channel yang khusus mengupload film-film box office.

3. Stiker Chat dan Gif

Telegram juga memiliki stiker seperti line, dan tentunya juga terhubung ke emotikon, selain itu semua stiker di telegram disediakan gratis dan bahkan kalian bisa membuat stiker kalian sendiri.

Untuk Gif, sudah ada saya jelaskan pada posting sebelumnya yang berjudul bot-bot yang berguna untuk chatting telegram, cara menggunakan gif ketik '@gif kata kunci', selain itu kita juga bisa menyimpan gif yang muncul di chat caranya dengan klik kanan untuk pengguna laptop/komputer atau sentuh tahan bagi pengguna smartphone lalu pilih simpan, untuk pengguna ios bisa membuat gif secara langsung melalui kamera.

gif telegram, sticker telegram, stiker
gif yang sudah di save

Gif yang sudah kamu simpan bisa kamu gunakan layaknya stiker

4. Multi Gadget dan Platform

telegram multi platform
source : telegram.org

Aplikasi chat telegram bisa dibuka pada hampir semua gadget dan platform, mulai dari handphone, tablet, hingga pc, windows, mac, ios, web, kecuali kakulator.

Bahkan saya sendiri biasanya membuka aplikasi telegram di notebook.

5. Multi Login

Telegram merupakan aplikasi chatting yang bisa multi login, artinya ketika kamu membuka akun telegram di gadget yang berbeda maka chat di gadget lainnya akan tersinkronisasi. Lalu bagaimana jika suatu saat jika kamu kehilangan HP ? tenang, sinkronisasi bisa diputus melalui gadget lainnya kok.

6. Open Source alias Free

Sampai saat ini kita tidak akan mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan telegram. Makanya tidak heran banyak yang menggunakan API telegram untuk membuat aplikasi telegram versi berbeda, kalau mau coba kamu bisa cek sendiri di playstore.

telegram chat
aplikasi telegram lainnya

Salah satu yang pernah saya gunakan adalah plus messenger, agak berbeda dengan telegram, di aplikasi ini ada pengelompokan berdasar jenis chat, seperti grup, private, channel, bot, dengan pengelompokan seperti ini tentunya lebih mudah bagi yang chat telegramnya sudah kuracak bihi (kacau/tidak tertata)

Sampai sekarang telegram terus melakukan pembaharuan, seperti sudah adanya voice call hingga pinned message, hingga pinned chat, dan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada video call

Yang Punya Blog

Imam M / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

3 komentar:

  1. lengkap banget gan penjelasanya, ini aplikasi mirip mirip line gitu ya gan? atau asikan ini gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aplikasinya mirip whatssapp gan, bedanya ini selain login menggunakan no hp, juga punya username, jadi no hp agan ga bakalan kesebar sembarangan

      Delete
  2. Telegram lebih mirip Mirc / Sosmed jaman dulu.
    Apalagi bila sbg Admin di supergroup.
    Duuhhhh... perintah2 utk Bot nya bikin pusing
    Tapi kalau gak dikerjakan, bisa diacak2 groupnya
    Salam dari https://t.me/budscommunity
    Komunitas Orang bernama Budi
    https://buds-community.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.