Creative PlayBook Karya Tahta Muhammad

Imam M
Kreatifitas, apa yang terpikir dibenak kamu ketika mendengar kata yang satu ini ? Sebuah hal unik, hal baru, hal yang datang tanpa terduga, tiba-tiba, kira-kira seperti itu pikiran sebagian dari kita ketika mendengar kata Kreatifitas.

Menurut para ahli, kreatif adalah sebuah hal baru atau gagasan yang berasal dari sesuatu yang baru atau pun dari kombinasi hal-hal yang sudah ada sebelumnnya.

Dulu sebelum saya membaca buku Creative PlayBook karangan Tahta Muhammad, saya masih berpikir jika yang namanya kreatifitas itu datang dengan cara tidak sengaja, atau kreatifitas hanya diwariskan untuk orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan berpikir yang didominasi oleh otak kanan, tapi ternyata hal itu tidak benar.

Melalui buku Creative PlayBook saya malah di ajarkan jika sebuah kreativitas bisa didatangkan dengan sebuah pola, artinya jika sesuatu sudah memiliki pola maka hal tersebut bisa didatangkan secara diulang-ulang, dengan kata lain, kreatifitas bisa di ulang melalui pola yang tepat, jadi setiap orang bisa menjadi kreatif, menarik bukan ?.

Dalam buku Creative PlayBook, pola yang di ajarkan melalui 4 tahap secara berurutan, 1. investigasi masalah, 2. mencari ide, 3. ealisasi ide dan 4. menyeleksi ide. Pada tahap investigasi masalah akan dibagi menjadi 3 cara, mencari ide 7 cara, realisasi ide 4 cara, dan menyeleksi ide 3 cara.


Jadi 2 tahap pertama buku ini menggunakan otak bagian kanan dan 2 tahap terakhir menggunakan otak kiri. Sebagai contoh, jika kamu seorang penulis pasti mengerti jika awal menulis biasanya dimulai dengan otak kanan, yaitu tuangkan semua ide terlebih dahulu, kemudian baru dengan otak kiri yaitu editing.

Selain itu buku ini bukan sekedar buku, tapi sebuah playbook, apa bedanya ?  buku biasanya dibaca dan dimengerti, sedangkan playbook selain dibaca dan dimengerti juga dimainkan, jadi setelah dibaca keseluruhan kamu bisa mempergunakan buku ini seperti kitab petunjuk pencari ide dan problem solving artinya bisa dibuka dari halaman manapun tergantung masalah yang kamu hadapi.

Isi bukunya juga tidak melulu tulisan, namun juga divariasi dengan tanda-tanda panah, huruf tebal, huruf yang lebih besar, gambar, dll, karena memang seperti inilah harusnya buku yang mengajarkan kreatifitas menurut saya.

Terakhir, buku ini sangat cocok bagi kalian yang bekerja dibidang apapun dan tingkatan pendidikan apa saja, entah itu pebisnis, seniman hingga pelajar, terutama bagi kalian yang bekerja di bidang kreatif.

Yang Punya Blog

Imam M / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.